Alat-alat keroncong (instrument music for keroncong)

Musik keroncong membawa cirikas di Negeri Indonesia, dari warna musik yang sangat khas, laras dan harmony.
Akar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara. Dari daratan India (Goa) masuklah musik ini pertama kali di Malaka dan kemudian dimainkan oleh para budak dari Maluku. Melemahnya pengaruh Portugis pada abad ke-17 di Nusantara tidak dengan serta-merta berarti hilang pula musik ini. Bentuk awal musik ini disebut moresco, yang diiringi oleh alat musik dawai. Musik keroncong yang berasal dari Tugu disebut keroncong Tugu. Dalam perkembangannya, masuk sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti penggunaan seruling serta beberapa komponen gamelan. Pada sekitar abad ke-19 bentuk musik
campuran ini sudah populer di banyak tempat di Nusantara, bahkan hingga ke Semenanjung Malaya[1]. Masa keemasan ini berlanjut hingga sekitar tahun 1960-an, dan kemudian meredup akibat masuknya gelombang musik populer (musik rock yang berkembang sejak 1950, dan berjayanya musik Beatle dan sejenisnya sejak tahun 1961 hingga sekarang). Meskipun demikian, musik keroncong masih tetap dimainkan dan dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia dan Malaysia hingga sekarang.
h musik dawai, seperti biola, ukulele, serta selo. Perkusi juga kadang-kadang dipakai. Set orkes semacam ini masih dipakai oleh keroncong Tugu, bentuk keroncong yang masih dimainkan oleh komunitas keturunan budak Portugis dari Ambon yang tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara, yang kemudian berkembang ke arah selatan di Kemayoran dan Gambir oleh orang Betawi berbaur dengan musik Tanjidor (tahun 1880-1920). Tahun 1920-1960 pusat perkembangan pindah ke Solo, dan beradaptasi dengan irama yang lebih lambat sesuai sifat orang Jawa.( Artikel from wikipedia.)
Berikut adalah Instrumen keroncong hasil dari produksi gitarmedia Harga dari alat tersebut relatif murah untuk sebuah seni.untuk keseluruhan instrment yang terdidari:
  1. Bass Betot
  2. Cello
  3. Cak 
  4. Cuk
  5. Guitar accoustic for melody.
  6. Violin (biola)
Untuk semua instrument diatas kami bandrol harga Rp.10 jt. dan yang pasti ready to use.
Bagi Anda Yang meninginkan untuk memesan alat keoncong silahkan hubungi kami

Produk Terkait:

1 comments:

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

like this

Posting Komentar

Silahkan Kirim Komentar Anda